Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ingin Diabetes Normal, Langkahkan Kaki Sejauh Ini

DIABETES atau orang awam mengenalnya dengan penyakit gula darah merupakan penyakit mematikan nomor.3 setelah yang kedua stroke dan no.1 jantung koroner.

Jika Anda mengalami tiga penyakit ini, maka olahraga merupakan salah satu obatnya selain pola makan, pola minum dan pola hidup yang sehat serta berobat dan menjalankan pesan dokter.

Seorang penderita diabetes dan jantung baru-baru ini baru mendapatkan informasi yang

Warga usai olahraga di jalan Bandara RHF Tanjungpinang. f-katasiber.id

sangat penting dari dokter yang menanganinya.

Selama ini, dirinya kerap jalan kaki 50-60 menit dilakukan tiga kali seminggu. Dia mengatakan, jarak yang ditempunya sekitar 500-550 langkah (kaki) per 5 menit.

Itu artinya, dia melangkah sekitar 5.500 langkah (untuk 50 menit hingga) 6.600 langkah atau kaki selama satu jam. Dia merasa puas bisa melakukannya.

Namun, kabar mengejutkan dia baru ketahui saat gula darangnya tinggi hingga 250 saat puasa. Padahal, harusnya 100 saja. Sehingga dinyatakan gula darahnya tidak terkontrol sama sekali.

Kepada sang dokter, si pasien ini juga mengaku bahwa dirinya rutin makan obat gula 2 kali sehari (pagi dan malam) usai makan serta porsi nasi yang dimakannya sedikit dan olahraga.

Si dokter mengatakan, olahraga itu tetap ada takarannya. Dokter mengatakan, untuk menurunkan gula darahnya dia harus bisa menempuh jarak 2.500 meter (2,5 Km) kurun waktu 30 menit.

“Kata dokter minimal sehari itu 2,5 kilometer dalam setengah jam. Paling minim 5 kali seminggu. Kalau boleh, tiap hari,” ujar Moan, penderita jantung dan diabetes ini, Senin (29/1/2024) kepada media ini.

Usai konsultasi dengan dokter, dia langsung mengambil kalkulator. Ternyata, jarak yang ditempuhnya selama ini baru sekitar 3.300 langkah dalam 30 menit.

Jika dikalikan dengan 35 Cm (1 langkah) baru 115.000 Cm atau sekitar 1,15 Km. Masih kurang 1,35 Km lagi. Sehingga, olahraga jalan pagi atau sore yang dilakukannya selama ini belum sesuai takaran.

Harusnya, dia bisa jalan kaki 7.150 kaki kurun waktu 30 menit atau 1.190-1.200 langkah dalam 5 menit. “Kata dokter, kalau sudah bisa saya lakukan, akan beres (gula darah),” katanya menirukan pesan si dokter.

Pola makan yang harus diatur adalah kurangi makan nasi, kurangi mengonsumsi makanan yang manis atau bila penting jangan dikonsumsi lagi. Kurangi mengonsumsi minuman yang manis.

Juga harus menjaga pola hidup dengan tidur tidak terlalu larut malam. Sebaiknya sudah tidur pukul 22.00. Serta hindari stress atau beban pikiran yang bisa melambungkan penyakit lain.

Dari pesan si dokter kita mendapatkan informasi penting terutama bagi yang sakit diabetes, seaiknya jalan kaki lah paling sedikit 30 menit setiap hari dengan jarak tempuh minimalnya 2,5 Km.

Jangan biarkan diabetes Anda terus melambung, karena akan merusaka ginjal, mata, otak hingga menyebabkan sakit jantung dan stroke.

Biaya cek gula darah di klinik, apotek atau rumah sakit cukup murah. Tidak sampai Rp50 ribu. Dan bisa dilakukan sekali enam bulan atau dua kali setahun. (ABAS)

Editor : Sutana

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

zile libere 2024
never single again
Bir Türk kızı amını parmaklıyor
disabled love
trio di teen nude si masturba
ممارسة الجنس مع فتاة مسلمة
pussy piss spy cam