Rabu, Februari 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wahai Kawula Muda, Ini Cara Mencoblos di Valentine 14 Februari 2024 (Pemilu)

TANJUNGPINANG – Valentin atau hari kasih sayang tahun 2024 akan menjadi hari penting bagi masyarakat Indonesia terutama bagi kawula muda yang belum pernah mencoblos.

Karena itu, baca lah ini agar Anda bisa mencoblos dengan benar. Tenang, ada bilik yang disiapkan bagi Anda. Jadi jangan khawatir. Yang pasti tidak akan ada yang tahu.

Pada tanggal 14 Februari 2024 bulan depan, negara kita akan melakukan Pemilu 2024 yakni pemilihan anggota DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Bersamaan dengan itu dilakukan juga Pilpres atau pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Bagi pemilih pemula yang baru pertama kali mengikuti Pemilu, mungkin masih bingung bagaimana prosesnya.

Di bilik yang tersedia di Tempat Pemungutan Suara (TPS) itulah pemilih akan melakukan pencoblosan surat suara. Siapa yang akan dicoblos, tentu saja pilihan Anda sendiri.

Baca dengan seksama :

1. Sebelum datang ke TPS, pemilih harus membaca kembali nama Anda sendiri apakah memang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 atau tidak.

2. Jika nama Anda sudah ada tertera di daftar itu, maka datanglah ke TPS.

3. Sesampainya disana, temui KPPS atau petugasnya untuk mengisi daftar hadir. Tunjukkan KTP dan surat formulir pemberitahuan (Model C-6)

4. Jika belum giliran Anda masuk ke bilik, maka duduklah sambil menunggu antrean. Biasakan menjaga budaya antre yang baik.

5. Jika giliran Anda sudah dipanggil, ambil surat suara dari petugas dan bawa ke bilik suara untuk dicoblos.

6. Setelah mencoblos pilihan Anda, maka lipat kembali surat suara itu lalu masukkan ke kotak suara.

7. Setelah itu, celupkan jari Anda ke tinta biru yang juga telah disediakan petugas.

8. Perlu Anda ketahui, tinta itu akan hilang beberapa hari. Tinta itu sebagai tanda Anda telah mencoblos. Sehingga tidak bisa mencoblos lagi di tempat atau TPS lain.

Hal penting lainnya adalah, bahwa pencoblosan hanya bisa dilakukan pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Jadi jangan ketiduran ya. Jangan pula liburan sebelum mencoblos.***

Penulis dan editor : Redaksi

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

zile libere 2024
never single again
Bir Tรผrk kฤฑzฤฑ amฤฑnฤฑ parmaklฤฑyor
disabled love
trio di teen nude si masturba
ู…ู…ุงุฑุณุฉ ุงู„ุฌู†ุณ ู…ุน ูุชุงุฉ ู…ุณู„ู…ุฉ
pussy piss spy cam