Rabu, Februari 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Bintan Serahkan Bantuan Timbangan ke Pelaku Usaha Ekonomi Produktif

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan alat timbangan analog dari pengalokasian dana insentif fiskal kepada kelompok usaha ekonomi produktif. F- diskominfo bintan

BINTAN – Bupati Bintan menyerahkan bantuan timbangan analog kepada 10 Kelompok Usaha Ekonomi Produktif (KUEP) di Kampung Wacopek, Kelurahan Gunung Lengkuas, Bintan Timur, Kamis (18/1/2024).

Adapun anggaran pengadaan bantuan ini berasal dari insentif fiskal yang diterima Pemkab Bintan dari pemerintah pusat karena berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem tahun 2023.

Merasa bantuan ini sangat diperlukan pelaku usaha, Roby pun menyerahkan 270 unit timbangan kepada pelaku usaha tersebut. Para pelaku usaha kecil ini sangat senang mendapatkan bantuan itu.

Roby mengatakan, dengan adanya timbangan baru tersebut, pedagang bisa menjual produk mereka dengan nyaman tanpa ada yang dirugikan. Ini timbangan yang pas ukurannya. Diharapkan, bantuan ini bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita dapat insentif fiskal dari pemerintah pusat dan pengadaan bantuan timbangan ini salah satu pengalokasiannya. Prinsipnya kita ingin wujud program maupun bantuan yang fokusnya langsung bersentuhan dan dirasakan masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Pemkab Bintan, Asy Syukri menjelaskan, sebanyak 270 unit timbangan analog telah dihibahkan kepada 10 KUEP yang tersebar di Kabupaten Bintan.

Kelompok-kelompok ini terdiri dari pelaku usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan kue, petani, budi daya perikanan lele dan usaha laundry.

Ketua Kelompok Sumber Makmur Suwari yang mewakili kelompok lainnya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bintan atas bantuan yang diberikan. Mereka berharap bantuan ini dapat membantu dalam mencapai swasembada pangan dan meningkatkan keberkahan dalam usaha pertanian.

Usai penyerahan hibah, Bupati Bintan Roby Kurniawan berdialog dengan para anggota KUEP. Beberapa tujuan yang diharapkan tentunya untuk mengetahui secara pasti kondisi terkini para pelaku usaha di lapangan.

Sebagaimana diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan No.67 Tahun 2023 tentang Insentif Fiskal untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan pada Tahun Anggaran 2023.

PMK ini mengatur tentang insentif fiskal untuk penghargaan kinerja tahun berjalan pada tahun anggaran 2023. Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan pada Tahun Anggaran 2023 dialokasikan sebesar Rp4 triliun yang dialokasikan untuk dua kelompok kategori kinerja, yang terdiri atas:

1). kategori kinerja dalam rangka pengendalian inflasi daerah sebesar Rp1 triliun dan 2) kategori kinerja dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat sebesar Rp3 triliun.

Bantuan timbangan ini berasal dari dana insentif fiskal dimana Pemkab Bintan berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan yang mencapai 0,18 persen. (*/REINALDY)

Editor : ABAS

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

zile libere 2024
never single again
Bir Türk kızı amını parmaklıyor
disabled love
trio di teen nude si masturba
ممارسة الجنس مع فتاة مسلمة
pussy piss spy cam