Jumat, September 22, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jaga Ketahanan Pangan Gubernur Ansar Salurkan Bantuan Pertanian di Desa Semedang

NATUNA – Hargai cabai salah satu penyebab inflasi di Kepri. Kebutuhan meningkat, petani cabai lokal belum mampu memenuhi permintaan pasar.

Tak heran harga cabai di Kepri pernah diangka Rp100 ribu lebih per kilogram, karena didatangkan dari luar Kepri dan bersamaan masuknya musim utara. Transportasi angkutan pangan terganggu karena angin kencang dan gelombang tinggi

Kepri sendiri bukan daerah pertaniaan seperti di daerah di Pulau Jawa. Supaya kebutuhan pangan tetap terjaga di daerah ter depan di Kepri ini, pemerintah daerah terus melakukan inovasi disektor pertanian.

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, menyerahkan bantuan pertanian di Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi, Natuna, Selasa (15/08).

Bantuan pertanian meliputi Pupuk Organik, Pupuk NPK, Benih Cabai, Benih Padi Inpari, dan Benih Nutrizink yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2023.

Dalam acara tersebut, penyerahan bantuan diberikan ke Kelompok Tani Harapan Baru menerima bantuan Pupuk NPK sebanyak 500 kg dan Pupuk Organik sebanyak 520 kg, Kelompok Tani Maju Bersama menerima bantuan Pupuk NPK sebanyak 500 kg dan Pupuk Organik sebanyak 480 kg, Kelompok Tani Sumber Waras menerima bantuan Pupuk NPK sebanyak 500 kg dan Pupuk Organik sebanyak 480 kg.

Tak hanya itu, juga dilakukan penyerahan bantuan lainnya seperti Benih Cabai untuk 16 kelompok tani, Pupuk NPK untuk 16 kelompok tani, Pupuk Organik untuk 19 kelompok tani, serta Benih Padi Inpari dan Benih Padi Nutrizink untuk masing-masing 10 dan 11 kelompok tani.

Gubernur Ansar Ahmad menyatakan harapannya bahwa bantuan pertanian ini dapat menjaga ketersediaan pangan di Kabupaten Natuna. Kehadiran bantuan ini merupakan langkah konkret dalam menghadapi tantangan dan memastikan keberlanjutan pertanian di wilayah tersebut.

“Mengingat Natuna berada di posisi terdepan dari NKRI, pemenuhan pangan dan pembangunan sektor pertanian di wilayah ini sangat penting,” ujar Gubernur Ansar.

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan pertanian di Kabupaten Natuna, juga akan dilakukan Sosialisasi budidaya cabai Proliga oleh Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Kepri. Selain itu, Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri akan memberikan praktek pembuatan Biosaka.

Gubernur Ansar berharap dengan bebagai bantuan pertanian serta pembekalan petani dengan berbagai ilmu akan sangat berguna dalam mendukung penguatan ketahanan pangan di Natuna.

“Kami berharap bahwa dengan bantuan pertanian yang kami berikan, serta melalui sosialisasi budidaya dan praktek pembuatan biosaka, Kabupaten Natuna di Gerbang Utara NKRI dapat menguatkan ketahanan pangan dan menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik.” tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua I DPRD Kepri Rizki Faisal, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidiq, Tokoh Masyarakat Gerry Yasid, Kepala BSIP Kepri Ruslan Boy, Katim Implementasi Kekda BI Kepri Miftahul Choiri, Para Camat, Ketua dan Anggota Kelompok Tani di Natuna. (Jefri)

Editor: Sutana

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles