Senin, Februari 6, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BOSMABA 2023 Jadi Ajang Mengasah Keterampilan Siswa

BATAM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi menghadiri Opening Ceremony Bond-Stregthening of MAN Batam (BOSMABA) tahun 2023 digelar di Lapangan Madrasah Aliyah Negeri Batam, Jumat (20/1/2023) pagi.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan salam Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam Muhammad Rudi yang seyogyanya ingin sekali hadir.

Namun dalam waktu bersamaan ada agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kabil.

“Beliau menugaskan kepada saya untuk hadir dalam kegiatan ini. Saya sendiri mendapat undangan sebagai Kwarcab Pramuka,” kata Jefridin yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batam ini.

Jefridin menyebutkan, bahwa Wali Kota Batam bapak Haji Muhammad Rudi mengapresiasi BOSMABA yang ditaja MAN Batam ini. Hematnya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang luar biasa sebagai ajang para siswa menampilkan kualitasnya masing – masing.

“Saya sendiri teringat dulu sering mengikuti kegiatan yang seperti ini saat menjadi aktivis sekolah, ketua OSIS dan lain sebagainya,” ungkap Jefridin.

Menurutnya, kegiatan yang ditampilkan ini adalah salah satu kualitas yang di tunjukkan oleh MAN Batam. Hal ini tak lepas dari keterlibatan seluruh warga sekolah dari siswa, para guru hingga kepala sekolah.

“Anak-anak kita tampil ke depan dan itu luar biasa, mudah mudahan kegiatan hari ini sampai nanti acara penutupan dapat terlaksana dengan baik. Sehingga bisa memberikan motivasi kepada seluruh anak – anak kita di Kota Batam yang kita cintai ini,” harap Jefridin.

Ia juga menyampaikan amanah Haji Muhammad Rudi, agar seluruh elemen masyarakat bersama-sama terus menjaga Batam agar kondusif dan aman.

“Dunia pendidikan dapat berperan agar terus melakukan upaya mencerdaskan anak bangsa menjadi pribadi yang berkarakter,” sebutnya.

Seperti yang diketahui, pendidikan merupakan proses pendewasaan, yang didalamnya mencakup tiga hal. Yakni, dari segi pengetahuan, sikap juga keterampilan psikomotorik.

“Tapi yang kita lihat melalui kegiatan ini anak-anak kita begitu luar biasa. Mudah-mudahan kegiatan ini terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Batam Zulkarnain Umar menyampaikan terimakasih kepada MAN Batam yang menyelenggarakan acara tersebut.

Ia berharap, sesuai dengan tema yang diusung yakni meningkatkan silaturahmi antar sekolah juga selain itu untuk meningkatkan kualitas para pelajar.

“Melalui kegiatan ini, kita dapat melihat sejauh mana usaha dan perkembangan anak kita di sekolah atau madrasah di kota Batam ini,” ujarnya.

Ia juga berterimakasih kepada Pemko Batam yang terus memperhatikan pendidikan, juga mendukung kreativitas para pelajar Batam untuk terus berkembang.

“Pak sekda alhamdulilah kami terus berbenah, dalam hal pendidikan madrasah dan pondok pesantren. Salah satunya di MAN Batam,” kata dia.

Ia mengungkapkan, MAN Batam yang telah memiliki program asrama. Yang didalamnya menerapkan kurikulum Mesir. Adapun poinnya yakni lulusan MAN Batam yang ingin ke Al Azhar tak mesti ikut tes lagi.

“Anak lulus MAN ini kalau ke Al Azhar. Tak perlu tes. Kita mengadopisi kurikulum Al Azhar,” imbuhnya.

Pihaknya juga akan mengembangkan kelas internasional. Yang kini telah mulai di MTs Bengkong Batam bersama dua program lainnya yakni program unggulan, berasrama. “Jadi madrasah tidak hanya mencetak keagamaan atau ulama. Tapi juga sains,” ucapnya.

Kepala MAN Kota Batam Khairina menyebutkan bahwa kegiatan ini dalam rangka silaturahmi untuk menjalin persatuan dan kesatuan, khususnya bagi warga sekolah baik di dalam maupun di luar sekolah. Kegiatan ini juga membawa spirit toleransi.

“Pesertanya seluruh tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se-Kota Batam dengan ivennya, Hadrah, futsal, paskib, Pramuka, cerpen, fotografi, PMR juga super star Olimpic atau SSO,” katanya.

Dalam BOSMABA ini, Untuk SSO pesertanya sudah hampir 600. Sementara itu, untuk peserta tingkat SMA dengan peserta berskala nasional.

“Pada kesempatan ini, juga akan ada MAN art festival yang diisi pagelaran seni,” imbuhnya. (*/mrh)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles