Senin, Februari 6, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Alhamdulillah, Presiden Jokowi Tegaskan Biaya Haji Tahun 2023 Masih Dikaji

BATAM- Pemerintah melalui Kementerian Agama mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi sebesar Rp69.193.733 per orang. Biaya tersebut lebih tinggi dari BPIH tahun 2022 yang ditetapkan sebesar Rp39.886.009 per orang. Biaya haji tahun ini cukup mahal.

“Kalau disahkan Rp69 juta ongkos haji tahun ini, saya kira cukup mahal. Mestinya, pemerintah terus memberikan kemudahan bagi umat islam untuk menunaikan ibadah haji. Apalagi biaya untuk tes Covid-19 tidak ada lagi, mestinya harus murah naik haji,” kata Abas, salah satu warga Batam.

Menurutnya, ditengah pandemim Covid-19 yang sudah diatasi oleh pemerintah, kemudahan naik haji tahun ini mestinya di permudah.”Saya yakin Pak Presiden RI Joko Widodo mengambil keputusan yang tetap, untuk menurunkan ongkos haji tahun ini,” ujarnya, juga mengaku sudah mendaftar naik haji sejak tahun 2015 lalu tapi belum mendapatkan kuota haji tahun ini.

Dilansir setkab.go.id, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa biaya haji tahun 2023 masih dalam proses kajian. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara terkait wacana kenaikan biaya haji yang diusulkan Kementerian Agama.

“Biaya haji masih dalam proses kajian,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/01/2023).

Menurut Presiden, biaya haji yang diusulkan oleh Kementerian Agama masih belum final. Saat ini, pemerintah masih melakukan proses kajian dan kalkulasi terkait biaya haji tahun 2023.

“Itu belum final, belum final sudah ramai. Masih dalam proses kajian, masih dalam proses kalkulasi,” ucap Presiden.

Untuk diketahui, sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Agama mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi sebesar Rp69.193.733 per orang. Biaya tersebut lebih tinggi dari BPIH tahun 2022 yang ditetapkan sebesar Rp39.886.009 per orang. (ks)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles