Senin, Februari 6, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Porprov Kepri Dimulai, Mampukan Kontingen Kota Tanjungpinang Mempertahankan Gelar Runner Up?

TANJUNGPINANG – Kota Batam dan Kota Tanjungpinang bersaing menjadi lumbung atlet prestasi di Provinsi Kepri. Ini dibuktikan setiap pelaksanaan Porprov Kepri, kontingen Batam dan Tanjungpinang bersaing juara umum.

Dalam sejarah Porprov Kepri, Tanjungpinang belum pernah jadi juara umum, selalu runner up atau juara kedua. Namun, perolehan medali tidak terlalu jauh. Bahkan beberapa cabang olahraga dari Tanjungpinang, selalu juara umum. Diantaranya, renang, dayung, dan banyak lagi.

Dari catatan katasiber, pada Porprov 2018 lalu di Kota Tanjungpinang, Tanjungpinang hampir juara umum, bila medali dari cabang Hapkido di hitung. Meskipun, sebelum pertandingan dimulai, PB Porprov, KONI Kepri dan peserta kabupaten/kota saat itu, memutuskan kalau medali dari Hapkido, tetap dihitung. Cabor Hapkido resmi dipertandingkan,tidak masuk dalam cabor eksebisi.

Tapi, pada saat pelaksanaanya, kontingen Batam memprotes, akhirnya diputuskan medali dari Hapkido, tidak di hitung, karena statusnya merupakan cabang yang dipertandingkan secara eksebisi.

Pada Porprov V yang digelar di Bintan, pembukaan 6 November ini, KONI Tanjungpinang menurunkan 616 atlet dan offecial. Tanjungpinang mengikuti 33 cabang olahraga dari 35 cabang olahraga yang di pertandingkan.

Lantas, apakah kontingen Tanjungpinang mampu mempertahankan gelar runner up, atau turun ke juara ketiga, runner up diambil tuan rumah Bintan? Atau bisa menjadi juara umum, mengeser Kota Batam, sudah empat kali berturut-turut juara umum.

Ini kata Ketua KONI Tanjungpinang, H Adnan. Kata Adnan, meskipun anggaran minim, hanya Rp500 juta, untuk anggaran Porprov, termasuk di dalamnya anggaran operasional KONI selama setahun, tapi ia optimis kontingen Kota Tanjungpinang mampu memberikan yang terbaik.

“Tetap kita targetkan juara umum, paling tidak runner up, meskipun anggaran kita terbatas. Atlet kita minta tetap semangat dan memberikan yang terbaik untuk daerah,” kata Adnan.

Sambungnya, dari hasil silaturahmi dan peninjau langsung ke lokasi latihan, umumnya para atlet mengaku optimis bisa menampilkan yang terbaik. Karena, para atlet juga ingin memberikan prestasi gemilang, supaya ke depannya, bisa mewakili Kepri diajang lebih tinggi lagi. Baik, ke level pra PON, Porwil hingga PON Sumut-Aceh 2024 mendatang.

“Atlet kita tetap semangat. Mereka juga ingin lolos dan mewakili Kepri di ajang lebih tinggi lagi seperti PON,” kata Adnan.

Sambungnya, ia sudah bertemu dengan Sekdako Tanjungpinang Hidayat, juga ketua kontingen Porprov Kota Tanjungpinang. Dalam pertemuan itu, bersama dengan ketua Pengkot masing-masing cabor, Adnan minta kepada Sekda, agar atlet yang meraih medali di Porprov nanti, diperhatikan bonusnya.

“Kita sudah bertemu dengan Pak Sekda. Kita dari KONI berharap atau minta, agar bonus atlet dan pelatih yang meraih prestasi di Porprov, diperhatikan,” ujarnya.

Adnan juga minta kepada masyarakat Kota Tanjungpinang agar memberikan dukungan kepada atlet dan official yang sedang berjuang, membawa nama baik Kota Tanjungpinang ditingkat provinsi.

“Kami dari KONI minta doa dan dukungan agar atlet kita diberikan kesehatan dan keselamatan. Serta mampu meraih dan memberikan yang terbaik bagi daerah Tanjungpinang,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Askot PSSI Kota Tanjungpinang Bobby Wira Satria, optimis tim sepak bola Tanjungpinang bisa memberikan yang terbaik, sesuai persiapan yang sudah dilakukan.

“Persiap memang singkat. Tapi, intinya bagaimana kelanjutan pembinaan sepak bola di Kota Tanjungpinang ke depannya,” sambungnya.

Sambungnya, soal prestasi sepak bola di Porprov, pejabat Pemko Tanjungpinang ini, melihat semua peserta memiliki kekuatan yang sama. Tinggal bagaimana nantinya di lapangan hijau.

“Kekuatan tim sama. Bola bola hal bisa saja terjadi di lapangan. Kita tetap optimis bisa yang terbaik. Kita lihat di lapangan nanti, apa yang akan dilakukan pemain dan pelatih, untuk meraih seluruh pertandingan,” ungkapnya. (bas)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles