Jumat, Oktober 7, 2022

Siswa SMAN 5 Tanjungpinang Jualan Es Ultramen Saat Terima Rapor

Gelar Bazar Kreativitas Gema 5

TANJUNGPINANG – Ada suguhan pemandangan yang berbeda di SMAN 5 Tanjungpinang saat penerimaan rapor, Sabtu (18/6/2022) kemarin.

Di hari penutupan semester genap tahun ajaran 2021/2022 itu, digelar juga Bazar Kreativitas di sekolah tersebut.

Di lapangan sekolah yang beralamat di Kawasan Tepilaut Tanjungpinang tersebut, dipasang tenda dan di bawahnya ada beberapa stan jualan beraneka makanan dan minuman.

Kepala SMAN 5 Tepilaut Tanjungpinang, Daman Huri, SPd,Kim, MM mengatakan, pembagian rapor hari itu disejalankan dengan program Gerakan Mandiri (GEMA) SMA 5.

Adapun peserta bazar merupakan siswa SMAN 5 Tanjungpinang yang duduk di Kelas X (Kelas 1) dan Kelas XI (Kelas 2). Sedangkan Kelas XII (Kelas 3) sudah tamat.

suasana bajar

“Ada 7 stan yang dibuat para siswa kita. Mereka menjual aneka makanan dan minuman. Semua hasil kreativitas mereka. Sesuai temanya, bazar kreativitas siswa,” jelas Daman Huri.

Dijelaskannya, adapun tujuan Bazar Kreativitas GEMA 5 ini digelar yakni untuk meningkatkan bakat serta minat siswa sekaligus melatih kemampuan siswa SMAN 5 Tanjungpinang untuk menjadi generasi yang punya jiwa wirausaha (entrepreneur).

“Sebagaimana kita tahu, tak semua siswa itu berminat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tak semua orangtua siswa mampu menguliahkan anaknya,” ucapnya.

“Ada siswa yang tertarik berwirausaha, inilah panggung yang kita siapkan untuk mereka dengan jualan di sekolah. Setelah lulus nanti, mereka bisa berpikir untuk membuka usaha apa,” tambahnya.

Penyerahan piala dan piagam

Kata dia, bazar di sekolah itu merupakan modal awal siswa sebelum terjun ke masyarakat. Sehingga, meski lulusan SMA, namun mereka juga dibekali dengan kemampuan berdagang.

Kegiatan tersebut salah satu penerapan program Kemendikbud Dikti untuk mempersiapkan siswa SMA bisa mandiri dengan keterampilan, sehingga siap bekerja atau bisa menjadi wirausahawan setelah lulus.

Daman Huri juga mengatakan, kegiatan itu sengaja dilakukan saat penerimaan rapor, sehingga ada interaksi orangtua siswa dengan anak-anaknya di sekolah.

Usai pengumuman para juara-juara kelas, para orangtua siswa melihat langsung semua stan yang ada. Termasuk membeli jualan para siswa tersebut.

Saat itulah mental para siswa terlatih untuk melayani pembeli/pelanggannya. Nantinya, jiwa membuka usaha akan muncul sendiri dalam benak mereka lantaran sudah tahu untung yang diperoleh dari dagangan mereka tersebut.

Pada kesempatan itu, Daman Huri juga mengatakan, siswa libur mulai , Minggu (18/6/2022) hingga Minggu (10/7/2022). “Tanggal 11 Juli sekolah sudah masuk kembali untuk tahun ajaran baru,” ucapnya.

Suasana saat pembagian rapor.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para guru dan orangtua siswa yang mendukung penyelenggaraan acara tersebut sehingga berjalan dengan sukses dan mendapat apresiasi dari orangtua siswa.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 5 Tanjungpinang Bidang Kurikulum, Rolin Daniel Sitompul, S.Th menambahkan, ada pun jenis jualan siswa saat bazar kreativitas tersebut adalah hasil karya olahan makanan.

Baik itu kuliner nusantara seperti nasi liwet, nasi lemak ungu, dan pempek serta ada pula siswa yang menjual kuliner internasional seperti burger, spageti,
korean Food, Puding, Taldam, Sweet Food hingga Es ultramen.

“Ada juga hasil karya kerajinan tangan berupa sofa dari botol plastik. Para siswa mengolah sampah plastik agar bernilai ekonomis dan bisa dimanfaatkan yakni, sofa plastik,” jelas Rolin.

Dia berharap, dengan berbagai kreativitas yang telah dilakukan siswanya, ke depan makin banyak lagi kreasi lainnya yang bisa dilakukan murid-muridnya. Yang muda harus menghasilkan banyak kreativitas.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja panitia dari bidang kesiswaan dan kurikulum. Bazar SMAN 5 Tanjungpinang kali ini turut mengundang camat dan ketua RT setempat.

“Adapun kegiatan bazar dilaksanakan bertepatan dengan hari pembagian rapor peserta didik tahun ajaran 2021/2022 sehingga baik siswa maupun orang tua ikut meramaikan acara Bazar GEMA 5,” tambahnya.

Pantauan di sekolah tersebut, para juara dipanggil ke depan sehingga membuat orangtua mereka bangga. Ini juga sebagai motivasi bagi siswa lain agar belajar lebih keras lagi supaya bisa juara.

Saat ini, jumlah siswa sekolah tersebut 458 orang dengan 15 rombongan belajar (rombel) atau 15 kelas. Sebanyak 167 kelas XII sudah tamat dan lulus 100 persen. Tahun ini, mereka menerima 7 kelas dengan jumlah 252 orang (36 per kelas).

Ketika orangtua siswa sudah pulang, tinggal satu stan yang belum habis jualannya yakni es ultramen. Sedangkan jualan di stan lain semuanya sudah terjual
habis.

Nampak para siswa berkerumun hendak membeli es ultramen tersebut yakni es yang bisa menjadikan seseorang menjadi pahlawan super ala film Jepang itu.

Sangat jelas kreasi siswa dalam hal ini adalah membuat nama jualannya seorang pahlawan super yang sangat kuat, sehingga menarik minat siswa untuk membeli jualan mereka.

Tiga orang siswa yang menjaga di stan ini nampak kewalahan melayani pembelinya karena berlomba-lomba cepat. Apalagi saat itu cuaca panas dan es ultramen tersebut menjadi rebutan siswa.

Tak lama kemudian semua jualan mereka ludes dan pundi-pundi pun penuh. Para siswa yang berjualan es tersebut senyum semringah dan tidak menyangka jualan mereka bakal ludes seketika.

Di era ini, Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim melakukan banyak terobosan untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia dengan programnya yang dikenal Merdeka Belajar.
Nadiem bahkan sudah meluncurkan belasan episode.

Ada juga program penguatan pendidikan karakter peserta didik SMA dengan 5 nilai utama prioritasnya yakni religius, integritas, gotong-royong, nasionalis dan mandiri.

Program mandiri ini salah satu terapannya adalah membekali keterampilan siswa SMA, salah satunya dengan melatih berdagang. Banyak program lain untuk mempersiapkan lulusan SMA agar bisa mandiri setelah lulus. (mrh)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles