Selasa, September 27, 2022

Terangi 120 KK Satgas Yonif 126/KC Berhasil Atasi Kegelapan Di Perbatasan Papua

Yabanda – Untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah perbatasan Papua, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC kembali berhasil memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tidak berfungsi selama lebih setahun di Kampung Yabanda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Rabu (15/06/2022).

PLTS yang dibangun pemerintah di wilayah perbatasan Papua pada umumnya dalam kondisi rusak dan sebagian besar tidak dapat beroperasi karena tidak adanya perawatan dan ketidak mampuan masyarakat untuk memperbaiki kerusakan.

Demikian halnya PLTS di Kampung Yabanda, saat ini dalam kondisi rusak dan menyebabkan selama kurang lebih satu tahun, 120 KK di kampung tersebut tidak dapat menikmati listrik dan penerangan.

Aktivitas masyarakat sangat terganggu, anak-anak kesulitan belajar pada malam hari dan bahkan sebagian masyarakat harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli Genset yang semakin menambah beban kehidupan masyarakat. “Selama lampu mati kami bingung harus meminta bantuan ke siapa,” ujar Bapak Martin Wafner (43).

Melihat keadaan Kampung Banda yang darurat listrik dan permintaan masyarakat, Satgas Yonif 126/KC hadir untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat. Komandan Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. membentuk Tim yang dipimpin Danton Kom Letda Chb Surya Darmawan beserta 5 orang teknisi yang sudah berpengalaman memperbaiki PLTS Kampung Yabanda.

Tim perbaikan PLTS dengan tekad berbuat terbaik, ikhlas dan jujur melaksanakan perbaikan dengan memeriksa satu persatu komponen PLTS kemudian memperbaiki yang rusak. 

“Beberapa perangkat pecharger batere PLTS sudah rusak kemudian kami perbaiki,” ujar Praka Rozi dan Sertu Riyan yang merupakan tim dari Pleton Komunikasi Satgas Yonif 126/KC.

Setelah setahun masyarakat Kampung Banda hidup dalam kegelapan, kini masyaarakat kembali menikmati listrik dirumahnya setelah PLTS bisa beroperasi kembali. Masyarakat bersuka cita dan bergembira rumah-rumah sudah terang dan lampu jalan di kampung dapat bersinar kembali.

Bapak  Martin Wafner menyampaikan puji syukur dan terimakasih lampu dapat menerangi kampung kami kembali. “Anak-anak sekolah bisa belajar, menonton TV dan ibu-ibu setelah pulang dari kebun bisa masak,” katanya.

Komandan Satgas Yonif 126/KC yang berkunjung ke Kampung Yabanda menyerahkan kembali PLTS yang telah diperbaiki ke masyarakat yang diwakili kepala kampung.

Kepala Kampung Yabanda mengucapkan atas nama masyarakat bersyukur dan bertrimakasih kepada Satgas Yonif 126/KC yang telah membantu perbaikan PLTS dengan kerja keras Prajurit TNI masyarakat Kampung Banda yang berjumlah 120 Kepala Keluarga dapat menikmati listrik kembali.

“Kami tidak bisa memberikan apa-apa, kami hanya bantu doa supaya Prajurit Satgas Yonif 126/KC selalu dilindungi Tuhan dalam melaksanakan tugas dan selalu berhasil,” ucapnya.

Komandan Satgas Yonif 126/KC menyampaikan perbaikan PLTS ini adalah sebagai upaya kami untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan yang merupakan beranda terdepan NKRI. “Kami juga akan selalu membantu perawatan PLTS ini, karena masyarakat belum ada yang mempunyai kemampuan memperbaiki kalau rusak,” ujarnya.(ks)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles