Selasa, September 27, 2022

Ayo Mendaki Gunung Kerinci Jambi, Kini Tumbuh Subur Bunga Edelweiss

JAMBI – Ingin coba mendaki gunung Kerinci di Jambi? Yuk, coba pengalaman haiking di Dataran Tertinggi Sumatera.

Ada pemandangan menakjubkan yang menanti para pendaki di sini, lho! Setelah satu tahun lebih tidak boleh mendaki, karena pandemi Covid-19, kini di lokasi gunung Kerinci tumbuh subur bunga edelweiss.

Bunga Edelweiss yang tumbuh subur di Gunung Kerinci Jambi. f-ist

Lokasi wisata haiking ke gunung Kerinci Jambi, kini sudah kembali dibuka untuk umum. Kehadiran bunga edelweis dijuluki sebagai bunga abadi lantaran tumbuhan ini memilki waktu mekar yang lama hingga 10 tahun lamanya.

Dari berbagai sumber, hormon etilen yang ada pada bunga edelweis bisa mencegah kerontokan kelopak bunga dalam waktu yang lama.

Arlan saat berada di gunung Kerinci. f-istimewa

Kendati demikian, pesona bunganya dapat terjaga lebih lama. Bunga edelweis umumnya memiliki waktu mekar pada April-Agustus tiap tahunnya. Adapun waktu ini merupakan waktu mekar saat musim hujan telah berakhir.

Mekarnya bunga edelweis di bulan-bulan tersebut dikarenakan pancaran matahari yang masih intensif untuk proses perkembangan edelweis.

Arlan duduk santai di atas Gunung Kerinci Jambi.

Meski dikenal sebagai bunga yang tumbuh di daerah gunung, edelwis juga memiliki cara bertahan hidup yang kuat, bahkan di tanah tandus sekalipun. Ini merupakan tanaman mulai langka.

Arlan Dahri, alumni tehnik Unbari Jambi, baru saja mendaki sebelum masuk bulan puasa tahun 2021 ini, mengaku terkejut saat kembali mendaki gunung Kerinci.

Tak biasanya, hampir semua sektor di gunung Kerinci ditumbuhi edelweis. Ini menambah keindahan gunung Kerinci, baik di siang hari maupun pagi hari.

“Setahun lebih gunung Kerinci ditutup untuk didaki kini pengelola sudah membuka kembali. Banyak perubahan yang membawa positif. Mau coba, yuk gabung dengan kami,” ajaknya.

Gunung kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera di Indonesia. Ada banyak keindahan di gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl tersebut.

Alamnya sungguh sempurna, mulai dari danau hingga kekayaan flora dan fauna. Bagi anda para pendaki, keindahan Gunung Kerinci sungguh sayang untuk dilewatkan.

Di dalam jalur pendakiannya, ada banyak keindahan yang dapat Anda rasakan. Gunung Kerinci akan membuat siapa pun terpesona akan kemegahannya.

Dari berbagai sumber, gunung Kerinci dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Ada banyak pula flora dan fauna yang dapat Anda temukan di sana.

Gunung ini memiliki beragam fauna, antara lain tapir, kuskus, gajah, siamang, gibbon, monyet ekor panjang, dan 140 jenis burung.

Ada padang rumput, Danau Gunung Tujuh, hingga hutan-hutan tropis yang menarik untuk dijelajahi.

Ekspresi Arlan saat berada di atas Gunung Kerinci sebelum bulan Puasa 2021 ini. f-ist

Puncak Gunung Kerinci adalah surga dunia, meski dibutuhkan perjuangan berat untuk mencapainya. Pendakian menuju Puncak Gunung Kerinci memakan waktu selama dua hari.

Di sana terdapat beragam jalur pendakian, yaitu jalur beraspal, jalur aliran sungai kecil, jalur berbatu cadas, jalur pasir, jalur dengan rumput dan pepohonan tinggi, hingga jalur tanjakan dengan kemiringan 60 derajat.

Yang juga menjadi kesulitan, yaitu larangan bagi pendaki untuk bermalam di ketinggian kurang dari 1.500 mdpl. Hal ini karena banyaknya binatang buas yang masih berkeliaran, seperti harimau Sumatera.

jadi Anda harus lebih cermat dan berhati-hati. Setibanya di puncak Gunung Kerinci ada keindahan yang tak bisa dilukiskan.

Anda akan menyaksikan kawah Gunung Kerinci, lanskap Kota Jambi, Padang, Bengkulu, Danau Kerinci, dan Danau Gunung Tujuh, bahkan juga Samudera Hindia yang membentang indah di kejauhan.

Ya, dari puncaknya terdapat pemandangan yang sangat menakjubkan. Ada kepuasan tersendiri saat Anda berhasil menapaki kaki di puncak tertinggi di Pulau Sumatera ini. Alam yang sempurna, bukti keagungan Tuhan.

“Kami siap mengantar Anda untuk mendaki gunung Kerinci,” ujarnya.

Bagi yang berminat untuk mendaki gunung Kerinci, namun belum ada teman, atau ada teman tapi belumtahu jalur, silahkan hubungi Arlan di nomor +62 853-6652-3589 atau ke nomor WA Arlan +62 853-6652-3589. (ks/ar)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles