Senin, Februari 6, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Empat Kandidat Calon Ketum RBB Tanjungpinang Lolos Administrasi

TANJUNGPINANG – Pendaftaran calon Ketua Umum Rumpun Batak Bersatu (RBB) Kota Tanjungpinang telah berakhir dan Panitia Seleksi Pemilihan (Pansel) sudah melakukan verifikasi berkas.

Dari empat orang yang mendaftar, berkas mereka lengkap dan berhak ikut pemilihan yang direncanakan di Aula SMPN 4 Tanjungpinang, Minggu (28/3) nanti.

Mereka yang mendaftar calon ketuna diantaranya, dr Anthoni Simatupang, S.O Simangungsong, Nelson Naibaho dan Marulak Tampubolon.

Ketua Pansel Ketua Umum RBB Tajungpinang, Anton Silitonga menuturkan, verifikasi sudah dilaksanakan tim setelah pendaftaran tahap kedua ditutup, Senin (22/3) kemarin. Proses verifikasi dilaksanakan dua hari, yaitu Selasa dan Rabu.

”Kami umumkan empat kadidat yang mendaftar dinyatakan lulus administrasi dan berhak maju menjadi Calon Ketua RBB Tanjungpinang,” tuturnya, Rabu (24/3).

Anton menjelaskan, berdasarkan Tata Tertib (Tatib) yang telah disusun, jika peserta lebih dari satu kandidat maka proses pemilihan dilaksanakan secara voting.

Sesuai rencana awal, pemilihan akan dilaksanakan, Minggu 28 Maret 2021 pada pukul 19.00 WIB di Aula SMPN 4 Tanjungpinang di Jalan Basuki Rahmat.

Pemilik hak suara sudah diatur di AD/ART RBB Tanjungpinang yaitu 123 orang. Terdiri perwakilan penasehat, pengurus dan perwakilan lima puak Batak yang ada di Tanjungpinang.

Selain itu, calon ketua tidak memiliki hak suara. Berlaku juga bagi pengurus yang maju menjadi kandidat. Termasuk anggota Pansel pun tak memiliki hak suara atau independen.

Ditambahkannya, saat pemilihan nanti, maka calon Ketua Umum RBB Tanjungpinang perlu mempersiapkan visi dan misi. Serta menyerahkan secara tertulis kepada Pansel di lokasi acara.

”Sebelum pemilihan, mereka akan membacakan visi misnya di depan pemilik hak pilih maksimal tujuh menit,” ucapnya.

Anton juga mengingatkan kepada kandidat bisa menggunakan baju batik. Ia pun mengajak seluruh pemilik hak suara untuk hadir, serta memberikan hak pilihnya untuk menentukan Ketua Umum RBB Tanjungpinang masa bakti 2021-2026 mendatang.

Suara yang sah berdasarkan jumlah surat suara yang masuk ke kotak suara. Serta memilih salah satu kandidat dengan menuliskan nomor atau nama.

Berdasarkan keputusan bersama rapat Pansel, penyampaikan visi dan misi berdasarkan nomor urut mendaftar. Ini juga akan menjadi nomor kandidat untuk dipilih.

”Proses pemilihan hampir mirip seperti Pilkada atau Pileg. Panitia menyiapkan kertas suara lengkap dengan nomor dan nama kandidat. Peserta nantinya bisa mencontreng salah satu pilihannya,” tuturnya.

Berdasarkan Tatib, suara terbanyak minimal satu dinyatakan pemenangnya. Bila terdapat dua kandidat yang memiliki suara tertinggi sama, maka akan dilaksanakan pemilihan ulang yang dipandu Pansel.

Ia menuturkan, ini merupakan suatu gawean besar tahap awal bentuk dukungan dan terus menghidupkan paguyuban ini.

Ditambahkannya, bagi peserta yang hadir, panitia menyediakan makanan ringan atau snack. ”Persiapan terus kita matangkan menjelang pemilihan,” bebernya. (rls/ang)

Artikulli paraprak
Artikulli tjetërJemaat Methodis Butuh Tempat Ibadah Sementara

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles