Selasa, September 27, 2022

Gubernur Kepri Ansar Fokus Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA – Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Gubernur Sumatera Barat dan Gubernur Bengkulu di Istana Negara Jakarta, Kamis (25/2), Gubernur Kepri Ansar Ahmad berjanji akan fokus membenahi dua hal prioritas.

Yakni, prioritas recovery ekonomi dan penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri secara serius. Dua hal ini penting agar kehidupan masyarakat kembali normal sebelum ada Covid-19.

Dan, pertumbuhan ekonomi bangkit,tidak banyak lagi angka pengangguran. Tidak ada lagi PHK karena produksi menurun akibat Covid-19.

“Saya bersama Wakil Gubernur Kepri ibu Marlin Agustina akan fokus dua hal prioritas. Pertama, penanganan Covid-19 karena harus ditangani secara serius agar berbagai aktifitas ekonomi dan sosial bisa berjalan dan yang kedua kita akan fokus melaksanakan recovery ekonomi,” kata Ansar Ahmad dalam konfresnya usai dilantik di Istana Negara di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Mantan Ketua DPD Golkar Provinsi Kepri ini, menjelaskan di Kepri pernah pertumbuhan ekonomi di atas 8 persen, masa lalu. Bahkan pertumbuhan ekonomi di atas pertumbuhan nasional. Dimana, Kota Batam menjadi lokomotif ekonominya.

Namun jelas mantan Bupati Bintan dua periode ini, karena Covid-19 ini, dimana Kepri ini sebagian besar aktifitas ekonomi berorientasi ekspor dan pariwisata mengakibatkan mengalami penurunan perekonomian yang cukup signifikan.

Untuk membangkitkan kembali perekonomian, sambung Ansar, ia bersama wagub dan stekeholder yang ada di Kepri akan berusaha secepat mungkin melakukan usaha-usaha recovery ekonomi.

Dilanjutkan Ansar, untuk mengcovery ekonomi yang terpuruk itu dengan membangun sub sistem birokrasi dengan layanan birokrasi yang baik.

Selain itu, kemudian dirinya juga akan memberikan relaksasi-relaksasi sebagai intensif bagi para pelaku investasi yang ada di Kepri.

Hal itu sejalan dengan semangat pemerintah pusat yang telah memberikan berbagai relaksasi investasi dan menyambut UU Cita Kerja ini.

Sambung Ansar, di daerah juga akan melakukan hal yang sama agar kita lebih cepat melakukan pemulihan ekonomi dengan mengundang investasi sebanyak-banyaknya ke Kepri.

Ditegaskan Ansar, terkait ekonomi tentunya secara eksistensi berkaitan terhadap keberadaan UMKM, dan tentunya harus ada kemitraan antara UMKM dengan usaha menegah dan besar.

Selanjutnya, karena Kepri sebagai daerah perbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, pihaknya konsen juga menjaga keutuhan wilayah Provinsi Kepri, khususnya dan umumnya NKRIl.

Ansar terus akan perkuat intensitas pengamanan di laut, darat dan udara bersama TNI dan Polri agar bisa menjaga keutuhan wilayah kita dengan memanfaatkan semua potensi yang ada.

Ansar juga mengatakan, karena Kepri sebagai bunda tanah Melayu sehingga apa yang akan dilakukannya akan tetap berpayung dengan khasanah budaya melayu

Karena, dimana budaya akan menjadi faktor pendorong penyemangat pembangunan bagi masyarakat Kepri kedepannya.

Ansar-Marlin sendiri di jadwalkan tiba di Batam hari ini. Setelah sampai di Bandara Hang Nadim Batam, Gubernur Kepri dan wakilnya, bersama rombongan akan du sambut Adat Melayu.

Lalu, di jadwalkan akan tiba di Tanjungpinang ibukota Provinsi Kepri, dan tiba gedung daerah atau rumah dinas Gubernur Kepri kira kira pukul 21.00 WIB. (sp)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles