Jumat, Oktober 7, 2022

Kota Adipura, Tapi Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarangan

TANJUNGPINANG – Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya masih minim. Hal ini terlihat dengan banyaknya sampah yang menumpuk di pinggir ruas jalan utama. Terutama jalan utama arah Bandara Raja Haji Fisabilillah, atau di depan Perumahan Griya Surya Indah

Dari pantauan dilapangan, di ruas Jalan menuju bandara terdapat tumpukan sampah. Padahal di jalan tersebut telah dipasang pagar dengan spanduk bertuliskan “Ya Rabb, berilah azab dan cabut rezekinya orang orang yang membuang sampah disini. Aamin.Tertanda Kerukunan Warga Griya Surya Indah”.

Sampah yang menumpuk di pinggir jalan utama menuju bandara yang dibuang masyarakat yang tidak bertanggungjawab.

Jasfri Andra, warga yang tinggal di perumahaan Griya Surya Indah, mengungkapkan, dia sering kali melihat pengendara yang sering membuang sampah di jalan tersebut. Terutama di pagi dan menjelang sore hari.

Mereka yang membuang sampah itu, bukanlah warga Perumahaan Griya Surya. Karena, di dalam komplek sendiri, sudah ada petugas yang mengambil sampah warga. Jadi, ia yakin bukanlah warga perumahan Griya Surya Indah yang membuang sampah tersebut.

“Kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih minim. Padahal sudah ada spanduk dilarang buang sampah,” ungkapnya.

Ia berharap, agar pemerintah daerah dalam hal ini Pemko Tanjungpinang, untuk memperpanjak tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Supaya masyarakat kebiasaan membuang sampah di TPS.

Ia melihat, kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, juga di picu tidak tegasnya pemerintah daerah dalam hal ini, menerapkan Perda Sampah, yang sudah dibuat oleh pemerintah.

“Jalankan Perda Sampah. Sanksinya sudah jelas, siapa yang membuang sampah bukan pada tempatnya, tentu ada dendanya. Satpol PP juga harus tegas sebagai penegak Perda,” harapnya.

Ia heran, meskipun Tanjungpinang sebagai daerah yang meraih adipura, hampir setiap tahun, dikenal sebagai kota sampah, tapi sampah masih banyak ditemukan, berserahkan di pinggir jalan utama. (sp)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles