Rabu, Juli 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lagi, Ibukota Provinsi Terjadi Kebakaran

TANJUNGPINANG – Belum satu pekan, sudah dua kejadian kebakaran di Ibukota Provinsi Kepulaun Riau Kepri Tanjungpinang.

Pertama kebakaran satu rumah warga di kawasan tepilaut Telukkeriting. Dalam hitungan menit sama, api menghasuskan seluruh iso rumah. Pemilik rumah hanya bisa me nyelamarkan satu televisi saja. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Kebakaran kedua terjadi di Kampung Bugis, Jumat malam satu. Awal tahun lalu, terjadi dua kali banjir disertai tanah longsor. Tidak ada korban jiwa, tapi ribuan warga terdampak banjir.

Jumat malam Sabtu saat kebakaran di Kampung Bugis, malam yang tenang tiba-tiba menjadi riuh rendah dengan teriakan masyarakat setempat yang mengabarkan telah terjadi kebakaran sebuah bangunan di tengah lautan Kampung Bugis yang merupakan bengkel galangan kapal, Kamis (22/1) malam.

Diperkirakan sekitar 50 meter dari dermaga jembatan lingkar Kampung Bugis.

Mendapat kabar tersebut, Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP langsung merespon cepat dan turun lapangan untuk meninjau lokasi kebakaran tersebut.

Meskipun di tengah laut, bangunan yang merupakan gudang dan bengkel galangan kapal yang mana masyarakat Kampung Bugis menyebutnya Gudang Combet itu telah luluh lantak dimakan si jago merah.

Menurut kesaksian Ari, Ketua RT. 02 RW. 01 Kelurahan Kampung Bugis, kejadian diperkirakan sekitar pukul 21.30 wib yang pada awalnya diketahui oleh masyarakat sekitar yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kebakaran tersebut yang melapor kepada Ketua RT tersebut.

“Melihat api yang sudah besar, saya langsung berkoordinasi dengan lurah, bhabinkamtibmas, BPBD Kota dan Provinsi serta Damkar Kota agar segera memadamkan api yang membakar gudang Combet ini.

Sementara itu, bengkel galangan kapal tersebut yang bangunannya berbahan dasar kayu, sehingga dengan cepat api melahapnya. Diketahui bahwa gudang dan bengkel itu berisi peralatan bengkel dan kelengkapan perkapalan.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dalam kesempatan itu menyampaikan ungkapan turut prihatin atas kejadian dan musibah yang terjadi.

” Diharapkan masyarakat Tanjungpinang lebih meningkatkan kewaspadaan dan musibah ini tidak lagi terjadi,” ungkap Rahma.

Dalam kesempatan ini, Rahma juga mengapresiasi kepada masyarakat yang telah bahu-membahu memadamkan api bersama aparat, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang, BPBD Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepri serta perusahaan Bintan Marines Shipyard yang telah berpartisipasi dalam upaya pemadaman api di gudang Combet ini.

Tampak disini warga sangat cepat tanggap dalam kejadian ini, sehingga api segera padam meskipun berada ditengah lautan dengan keterbatasan yang dimiliki sebelum Tim Pemadam Kebakaran tiba di lokasi. 

“Saya apresiasi kepada warga, dan aparat pemerintah dalam hal ini ketangkasan tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang dan BPBD Kota Tanjungpinang yang cepat tanggap,” tambah Rahma.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang dari lokasi kejadian menyampaikan, dugaan sementara kebakaran tersebut terjadi dikarenakan adanya arus pendek kapal dan terjadi ledakan keras di bengkel kapal dan masih dilakukan penyelidikan.

Langkah evakuasi yang dilakukan yakni api dapat dipadamkan dengan menggunakan mesin floting pump 2 unit dan 1 mesin portable dengan dbantu mobilisasi oleh pompong milik penambang sekitar, serta dari Polair Polres Tanjungpinang dan kapal tugboat serta penambang air bersih di laut dari kapal sekitar.

Selanjutnya proses pemadaman api dan pendinginan berlangsung sampai dengan pukul 23.50 wib.
Up
Menurutnya, dari kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian dari kejadian kebakaran di galangan kapal ini terdapat 3 kapal hangus terbakar masih dalam penyelidikan. (*/sp)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

zile libere 2024
never single again
Bir Türk kızı amını parmaklıyor
disabled love
trio di teen nude si masturba
ممارسة الجنس مع فتاة مسلمة
pussy piss spy cam