Jumat, Februari 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cuaca Tak Menentu, Petani Cabai Waswas Gagal Panen

TANJUNGPINANG – Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini di Pulau Bintan, rupanya menjadi kekhawatiran bagi petani cabai di Kota Tanjungpinang.

Pasalnya, dengan kondisi curah hujan dan cuaca panas tidak menentu disinyalir dapat memunculkan virus yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman cabai, bahkan dapat merusak hasil panen cabai. Bahkan bisa mendatangkan banyak hama.

Ketua kelompak tani (poktan) Harapan Jaya Dompak, Katimun, mengatakan sudah banyak kawan-kawannya, panen tidak maksimal, karena cuaca tidak menentu. Dan, cuaca tak menentu tahun ini, lebih ekstrem sebelumnya.

“Tidak semua tanaman, bertahan atau tumbuh subur kalau kena hujan terus. Cabai contohnya, kalau hujan terus, banyak datang virus dan hama. Pemicu bunga rontok, daun keriting, buah disengat lalat suntik, dan banyak lagi,” ujarnya.

Sambung dia, ditengah pandemi Covid-19, disisi lainnya, harga cabai dan sayur mayur anjlok, karena minimnya pembeli. Disisi lainnya, harga untuk kebutuhan bertani, seperti pupuk, obat-obatan bahkan alat pertanian justru naik signifikan.

“Ya, anggota petani kami, termasuk saya waswas setiap kali musim penghujan. Kalau panen musim penghujan ya hasilnya tak maksimal,” ujarnya. (sp)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

zile libere 2024
never single again
Bir Türk kızı amını parmaklıyor
disabled love
trio di teen nude si masturba
ممارسة الجنس مع فتاة مسلمة
pussy piss spy cam