Selasa, September 27, 2022

Covid-19 Makin Perkasa di Kepri

KEPRI – Virus baru, Corona atau biasa disebut Covid-19 makin perkasa di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Virus yang telah membunuh banyak korban ini terus berkembang biak.


Jika dilihat dari data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri, virus ini menyerang 1.024 orang di Provinsi Kepri hingga, Senin (31/8) siang.


Namun, sebagian besar sudah sembuh yakni 588 orang atau 57,4 persen. Yang meninggal dunia 38 orang atau 3,7 persen. Yang masih dirawat dan diisolasi 398 orang atau 38,9 persen).


Data keseluruhan ini dimulai sejak ditemukannya korban pertama di Kota Tanjungpinang, 16 Maret 2020 lalu. Artinya total korban itu kurun waktu 5,5 bulan.


Hebatnya, masih ada 3 kabupaten di Provinsi Kepri yang terus mempertahankan wilayahnya tidak diserang virus Corona yakni, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Anambas.
Kabupatan Lingga sebelumnya tercatat ada satu kasus positif. Namun dirawat di salah satu rumah sakit di Batam dan meninggal pula di sana. Sehingga Lingga tetap bersih dari kasus Covid.


”Sampai Senin kemarin, Karimun masih ditetapkan zona kuning. Sedangkan Kota Batam, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan masih zona orange,” demikian disampaikan Tjetjep Yudiana, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri yang juga Kadis Kesehatan Kepri dalam rilisnya di grup WA wartawan, kemarin.


Perlu diketahui, bahwa sebagian korban positif ini terserang karena bepergian ke daerah pandemi. Sebagian karena kontak dekat atau kontak langsung dengan pasien yang sudah terpapar Korona.
Ada juga yang belum diketahui darimana terpaparnya. Bisa jadi inilah yang disebut Orang Tanpa Gejala (OTG).


Tapi, apapun itu, anjuran, imbauan pemerintah adalah kunci utamanya. Harus dijalankan setiap saat yaitu, protokol kesehatan.
Jika sayang diri sendiri, sayang keluarga, sayang teman, sayang kerabat, maka taatlah protokol kesehatan. Jaga kesehatan terlebih di masa ekonomi sulit saat ini.


Pemerintah terus membangun kesadaran masyarakat. Tanpa kesadaran itu, Covid itu takkan bisa dibendung. Kita semua tak ingin pandemi makin lama karena ekonomi juga makin terpuruk. (ang)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles